Etika Profesi Akuntansi

Nama               : Syuhada Makarim

NPM                : 22209295

Kelas               : 4 EB 13

Tugas Wajib 4  : Etika Profesi Akuntansi

Profesi akuntansi merupakan sebuah profesi yang menyediakan jasa atestasi maupun non-atestasi kepada masyarakat dengan dibatasi kode etik yang ada. Dalam konggresnya tahun 1973, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) untuk pertama kalinya menetapkan kode etik bagi profesi akuntan Indonesia, kemudian disempurnakan dalam konggres IAI tahun 1981, 1986, 1994, dan terakhir tahun 1998. Etika profesional yang dikeluarkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia dalam kongresnya tahun 1998 diberi nama Kode Etik Ikatan Akuntan Indonesia. 3 Kewajiban Akuntan Sebagai Profesional

a. Berkompeten dan mengetahui secara mendalam mengenai bagaimana seni dan ilmu dari akuntansi.

b. Mengawasi kegiatan dari klien dan menghindari godaan untuk memanfaatkan klien.

c.  Untuk melayani kepentingan publik.

1. Akuntansi sebagai Profesi dan Peran Akuntan

Ciri Profesi :

a.  Suatu bidang pekerjaan yang terorganisir darijenis intelektual yang terus berkembang dandiperluas.

b.  Suatu teknik intelektual.

c.  Penerapan praktis dari teknik intelektualpada urusan praktis.

d.  Suatu periode panjang untuk pelatihan dansertifikasi.

e.  Beberapa standar dan pernyataan tentangetika yang dapat diselenggarakan.

f.  Kemampuan untuk kepemimpinan pada profesi sendiri.

g.  Asosiasi dari anggota profesi yang menjadi suatu kelompok yang erat dengan kualitas komunikasi yang tinggi antara anggotanya.

h.  Pengakuan sebagai profesi.

i.   Perhatian yang professional terhadap penggunaan yang bertanggung jawab dari pekerjaan profesi.

j.   Hubungan yang erat dengan profesi lain.

Tujuan profesi akuntansi adalah memenuhi tanggung-jawabnya dengan standar profesionalisme tertinggi, mencapai tingkat kinerja tertinggi, dengan orientasi kepada kepentingan publik. Untuk mencapai tujuan tersebut terdapat empat kebutuhan dasar yang harus dipenuhi:

  1. Kredibilitas

        Masyarakat membutuhkan kredibilitas informasi dan sistem informasi.

   2.   Profesionalisme

        Diperlukan individu yang dengan jelas dapat diidentifikasikan oleh pemakai jasa Akuntan sebagai     profesional di bidang akuntansi.

  1. Kualitas Jasa

Terdapatnya keyakinan bahwa semua jasa yang diperoleh dari akuntan diberikan dengan standar kinerja tertinggi.

   2. Kepercayaan

Pemakai jasa akuntan harus dapat merasa yakin bahwa terdapat kerangka etika profesional yang melandasi pemberian jasa oleh akuntan.

Dengan kata lain, Tujuan profesi akuntansi adalah memenuhi tanggung-jawabnya dengan standar profesionalisme tertinggi, mencapai tingkat kinerja tertinggi, dengan orientasi kepada kepentingan publik.

Peran akuntan dalam perusahaan tidak bisa terlepas dari penerapan prinsipGood Corporate Governance (GCG) dalam perusahaan. Meliputi prinsip kewajaran(fairness), akuntabilitas (accountability), transparansi (transparency), dan responsibilitas (responsibility). Peran akuntan antara lain :

        3. Akuntan Publik (Public Accountants)

Akuntan publik atau juga dikenal dengan akuntan eksternal adalah akuntan independen yangmemberikan jasa-jasanya atas dasar pembayaran tertentu. Seorang akuntan publik dapat melakukan pemeriksaan (audit), misalnya terhadap jasaperpajakan, jasa konsultasi manajemen, dan jasa penyusunan system manajemen.

       4. Akuntan Intern (Internal Accountant)

Akuntan intern adalah akuntan yang bekerja dalam suatu perusahaan atau organisasi. Akuntan intern ini disebut juga akuntan perusahaan atau akuntan manajemen. Tugas akuntan intern adalah menyusun sistem akuntansi, menyusun laporan keuangan kepada pihak-pihak eksternal, menyusun laporan keuangan kepada pemimpin perusahaan, menyusun anggaran, penanganan masalah perpajakan dan pemeriksaan intern.

      5. Akuntan Pemerintah (Government Accountants)

Akuntan pemerintah adalah akuntan yang bekerja pada lembaga-lembaga pemerintah, misalnya dikantor Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengawas Keuangan (BPK).

 

    6.   Akuntan Pendidik

Akuntan pendidik adalah akuntan yang bertugas dalam pendidikan akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan akuntansi, mengajar, dan menyusun kurikulum pendidikan akuntansi di perguruan tinggi.

Teknik akuntansi adalah aturan-aturan khusus yang diturunkan dari prinsip-prinsip akuntansi yang menerangkan transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian tertentu yang dihadapi oleh entitas akuntansi tersebut. Teknik akuntansi ini dapat dijadikan pedoman bagi para akuntan dalam menjalankan tugasnya agar kegiatan yang dilakukan profesi akuntan terarah serta memiliki standar sehingga hasilnya akan sesuai dengan nilai atau aturan yang berlaku.

Dalam menjalankan profesinya, profesi akuntansi memiliki etika. Etika tersebut seringkali dijadikan tolak ukur kinerja profesi akuntansi. Profesi akuntansi yang memiliki etika yang baik pasti akan mendapatkan kepercayaan yang lebih dari masyarakat. Hal ini tentunya akan memberikan pengaruh yang positif bagi kelangsungan profesi itu sendiri.

Salah satu bidang akuntansi yang memerlukan kepercayaan dar masyarakat adalah jasa akuntan public. Profesi Akuntan Publik merupakan suatu profesi yang jasa utamanya adalah jasa atestasi dan hasil pekerjaannya digunakan secara luas oleh publik sebagai salah satu pertimbangan penting dalam pengambilan keputusan ekonomis. Dengan demikian, profesi  Akuntan  Publik memiliki peranan yang besar dalam mendukung terwujudnya perekonomian yang sehat, efisien dan transparan. Peranan Akuntan Publik tersebut terutama dalam peningkatan kualitas dan kredibilitas informasi keuangan atau laporan keuangan suatu entitas. Dalam hal ini Akuntan Publik mengemban kepercayaan masyarakat untuk memberikan opini atas laporan keuangan suatu entitas. Dengan demikian, tanggung jawab Akuntan Publik terletak pada opini atau pernyataan pendapatnya atas laporan atau informasi keuangan suatu entitas, sedangkan penyajian laporan atau informasi keuangan  tersebut  merupakan tanggung jawab manajemen.

Referensi:

http://id.wikipedia.org/wiki/

http://sejarahteam.blogspot.com/2011/12/penjabaran-profesi-akuntansi.html

http://kautsarrosadi.wordpress.com/2012/01/31/perilaku-etika-dalam-profesi-akuntansi/

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/01/kode-etik-profesi-akuntansi-3/

http://www.ppak.feb.unair.ac.id/…/Penjelasan%20RUU%20Akuntan%20Pu…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s