Pengertian Egoisme dan Hedoisme (Tugas Tambahan 2)

Nama               : Syuhada Makarim

NPM                : 22209295

Kelas               : 4 EB 13

Tugas Tambahan 2 : Etika Profesi Akuntansi

  1. 1.      Apa pengertian Egoisme dan Hedoisme ?
  • Egoisme

Egoisme adalah cara untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang menguntungkan bagi dirinya sendiri, dan umumnya memiliki pendapat untuk meningkatkan citra pribadi seseorang dan pentingnya – intelektual, fisik, sosial dan lainnya. Egoisme ini tidak memandang kepedulian terhadap orang lain maupun orang banyak pada umunya dan hanya memikirkan diri sendiri

Egois ini memiliki rasa yang luar biasa dari sentralitas dari ‘Aku adalah’:. Kualitas pribadi mereka Egotisme berarti menempatkan diri pada inti dunia seseorang tanpa kepedulian terhadap orang lain, termasuk yang dicintai atau dianggap sebagai “dekat,” dalam lain hal kecuali yang ditetapkan oleh egois itu.

Teori eogisme atau egotisme diungkapkan oleh Friedrich Wilhelm Nietche yang merupakan pengkritik keras utilitarianisme dan juga kuat menentang teori Kemoralan Sosial. Teori egoisme berprinsip bahwa setiap orang harus bersifat keakuan, yaitu melakukan sesuatu yang bertujuan memberikan manfaat kepada diri sendiri. Selain itu, setiap perbuatan yang memberikan keuntungan merupakan perbuatan yang baik dan satu perbuatan yang buruk jika merugikan diri sendiri. 

 

  • Hedonisme

Hedoisme adalah generasi yang memandang kesenangan hidup dan kenikmatan materi merupakan tujuan yang utama.

Hedoisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan – perasaan yang menyakitkan. Hedoisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.

 

Menurut pendapat saya :

Dari artikel di atas, saya berpendapat bahwa :

a)     Egoisme merupakan suatu perasaan yang lebih mementingkan kepentingan dan urusan pribadinya serta lebih mengutamakan kebahagiaan dan keuntungan yang harus ia dapatkan bagi dirinya sendiri, tanpa peduli dengan keadaan sekitarnya.

b)     Hedoisme merupakan sifat yang memandang bahwa kesenangan hidup dan kenikmatan materi merupakan tujuan yang utama dalam kehidupan.

Sumber :

http://etikaprofesidanprotokoler.blogspot.com/2008/03/pengertian-etika.html

http://bengkelpemikiran.wordpress.com/2012/02/18/mengenal-hedonisme/

http://id.shvoong.com/social-sciences/psychology/2292935-pengertian-egois/#ixzz28KiU5XD9

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s