Tugas Tambahan 6 Etika Profesi Akuntan

Nama               : Syuhada Makarim

NPM               : 22209295

Kelas               : 4 EB 13

Tugas Tambahan  : 6 (Kasus PT. Great River International Tbk)

 

Pertanyaan

  1. Identifikasi pelanggaran apa saja yang terjadi dalam dalam artikel di atas!

Jawab       :

Pelanggaran yang terjadi adalah :

a)    Pelanggaran terhadap Standar Profesional Akuntansi Publik (SPAP) berkaitan dengan laporan audit atas laporan keuangan konsolidasi PT Great River International Tbk.

b)   Adanya indikasi konspirasi dalam penyajian laporan keuangan PT Great River International Tbk.

c)    Dugaan terjadinya overstatement karena pencatatan untuk akun penjualan menggunakan metode yang berbeda dari ketentuan yang ada.

Dengan metode ini, perusahaan menyertakan dana bahan baku yang dikeluarkan oleh pemesan sebagai bagian dari pendapatan. Perusahaan menerima order pakaian dari luar negeri dengan bahan baku dari pemesan. Jadi, Great River hanya mengeluarkan ongkos operasi pembuatan pakaian. Tapi pada saat pesanan dikirim ke luar negeri, nilai ekspornya dicantumkan dengan menjumlahkan harga bahan baku, aksesoris, ongkos kerja, dan laba perusahaan.

d)   Terdapat indikasi penipuan dalam penyajian laporan keuangan. Bapepam menemukan kelebihan pencatatan penyajian akun penjualan dan piutang dalam laporan tersebut. Kelebihan itu berupa penambahan asset tetap dan penggunaan dana hasil emisi obligasi yang tanpa pembuktian.

2.     Menurut  anda apakah ada hubungannya antara kesalahan pencatatan atas laporan keuangan dengan kesulitan perusahaan

              dalam pembayaran utangnya?Jawab       :

Ada, karena  adanya temuan Auditor Investigasi Arianto, Amir Jusuf dan Mawar (AAJM), yang menemukan indikasi penggelembungan akun penjualan, piutang, dan asset hingga ratusan milyar rupiah di great River. Akibatnya great river mengalami kesulitan arus kas dan gagal membayar hutang.

Selain itu, hasil pemeriksaan Bapepam juga menemukan kelebihan pencatatan penyajian akun penjualan dan piutang dalam laporan keuangan yang disajikan. Kelebihan itu berupa penambahan asset tetap dan penggunaan dana hasil emisi obligasi yang tanpa pembuktian.

Dengan adanya kesalahan pencatatan atas laporan keuangan tersebut, maka Great River mengalami kesulitan arus kas dikarenakan informasi yang ada pada laporan keuangan tidak sesuai dengan kondisi yang ada pada perusahaan. Oleh karena itu, Great River tidak mampu membayar utang Rp 250 miliar kepada Bank Mandiri dan gagal membayar obligasi senilai Rp 300 miliar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s