Pengetian Etika dalam Bisnis dan contoh Etika dalam Bisnis (Tugas tambahan 4)

Nama               : Syuhada Makarim

NPM                : 22209295

Kelas               : 4 EB 13

Tugas Tambahan 4 : Etika Profesi Akuntansi

 

  1. 1.      Pengetian Etika dalam Bisnis dan cari contoh Etika dalam Bisnis ?
  •  Pengertian Etika Bisnis.

Etika bisnis merupakan studi yang dikhususkan mengenai moral yang benar dan salah. Studi ini berkonsentrasi pada standar moral sebagaimana diterapkan dalam kebijakan, institusi, dan perilaku bisnis.

Etika bisnis merupakan studi standar formal dan bagaimana standar itu diterapkan ke dalam system dan organisasi yang digunakan masyarakat modern untuk memproduksi dan mendistribusikan barang dan jasa dan diterapkan kepada orang-orang yang ada di dalam organisasi.

Menurut saya, etika bisnis merupakan aturan yang berlaku dalam melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan kebijakan, sistem maupun individu, perusahaan, industri dan juga masyarakat yang terlibat dalam kegiatan bisnis.

 

  • Contoh Kasus Etika Bisnis
  1. Obat antinyamuk HIT yang diketahui memakai bahan pestisida berbahaya yang dilarang penggunaannya sejak tahun 2004.
  2. Pemakaian formalin pada pembuatan tahu dan pengawetan ikan laut serta pembuatan terasi dengan bahan yang sudah berbelatung.
  3. Pengoplosan solar dengan zat kimia menjadi minyak tanah.
  4. Meluapnya lumpur dan gas panas di Kabupaten Sidoarjo yang disebabkan eksploitasi gas PT. Lapindo Brantas.

 

  • Tanggapan saya

Dari beberapa contoh kasus yang telah disebutkan diatas, dapat disimpukan bahwa etika yang ada dalam kegiatan bisnis diatas telah dilanggar oleh individu, organisasi serta institusi yang terlibat didalamnya.

          Padahal jika berbicara tentang etika yang ada dalam bisnis, segala produk yang dijual oleh produsen,  tidak boleh menggunakan bahan berbahaya yang dapat merugikan konsumen, tapi pada kenyataanya kasus 1 dan 2 marak terjadi dan jelas—jelas sangat merugikan konsumen. Terlebih lagi, belum adanya penggawasan yang baik dari pemerintah untuk mengawasi produk-produk yang beredar saat ini, menyebabkan semakin maraknya produk-produk seperti itu beredar di masyarakat.

          Sedangkan untuk kasu 3 dan 4, dapat dikatakan bahwa produsen hanya memikirkan laba yang akan didapatkan tanpa memikirkan apakah akibat dari kesalahan maupun kesengajaan yang dilakukan pada  proses produksi. Pada kasus 3, pengoplosan solar dengan zat kimia yang dapat merubah warna solar menjadi minyak tanah bertujuan agar solar dapat dijual dengan harga minyak tanah ini, jelas-jelas sudah melanggar etika bisnis karena produsen sudah menipu konsumen. Selain menipu, produsen tersebut juga tidak memikirkan akibat yang ditimbulkan dari pencampuran solar dengan zat kimia tersebut, terutama untuk kesehatan. Sedangkan pada kasus 4, meluapnya lumpur lapindo disebabkan karena adanya kesalahan dari pengeboran sumur gas. Kesalahan tersebut, membuat ribuan hektar pemukiman warga di sidoarjo menjadi terendam lumpur, sehingga ribuan KK kehilangan tempat tinggalnya. Dari kejadian tersebut, perusahaan yang seharusnya bertanggunggjawab penuh terhadap ribuan KK yang kehilangan tempat tinggalnya, hanya  bertanggungjawab sebagian dan sebagian lagi diserahkan kepada pemerintah.  Hal ini, tentu melanggar etika bisnis yang ada.

          Agar kejadian diatas tidak berulang, sebaiknya pemerintah lebih tegas terhadap individu, organisasi maupun institusi yang melakukan pelanggaran dalam etika bisnis, melakukan pengawasan yang ketat  dan membuat undang-undang yang dapat memberikan hukuman yang dapat membuat pelaku jera.

 

Sumber     :

http://zonegirl.wordpress.com/2011/10/03/pengertian-etika-bisnis-beserta-contoh-nya/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s